Jumat, 30 Juli 2010

Heboh:ICW Akan Adukan Mendiknas ke Presiden

Pengeloaan Dana RSBI Tertutup
ICW Akan Adukan Mendiknas ke Presiden

Senin, 21 Juni 2010 10:26 WIB
Penulis : Aryo Bhawono

JAKARTA–MI: Indonesian Corruption Watch (ICW) akan adukan Menteri Pendidikan Nasional M Nuh ke Presiden. Pasalnya, Kementerian Pendidikan Nasional tidak mau terbuka soal laporan pengelolaan dana Rintisan Sekolah Berbasis Internasional (RSBI) dan Sekolah Berbasis Internasional (SBI).

Peneliti ICW Febri Diansah menyatakan bahwa pengaduan ini dilakukan dengan dasar UU Kebebasan Informasi Publik. UU KIP mulai berlaku efektif sejak 1 Mei 2010. Namun ketika ia meminta laporan pengelolaan anggaran RSBI dan SBI, Kementerian Pendidikan tidak memberikan data tersebut.

‘Padahal menurut UU KIP, mereka harus memenuhi permintaan laporan ini karena RSBI dan SBI mulai dilakukan sejak 2006. Bahkan Kementerian Pendidikan tidak memiliki Pejabat Penanggung Jawab Informasi dan Dokumentasi (PPID),’ ujarnya ketika dihubungi di Jakarta, Senin (21/6).

Febri menuturkan bahwa pengaduan akan dilakukan setelah permintaan laporan dilayangkan pekan lalu dan tidak mendapat respon apa pun. Mereka akan memberikan waktu 10 hari kepada Kementerian Pendidikan Nasional untuk memberikan data tersebut.

Mereka juga menuturkan bahwa jika presiden juga tidak memberikan respon, ICW akan mengajukan sebagai perkara informasi publik.
Sumber: Media Indonesia Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar